Kuasa Kata: Menyapa

Saya pada awalnya mendesain blog ini sebagai gudang penyimpanan tulisan. Saya kemudian mengalihkan fungsinya sebagai ruang kemanusiaan. Layaknya seorang photografer, saya membingkai berbagai kehidupan manusia dalam beragam frame. Blog ini menawarkan senyuman, tetapi sekaligus air mata kehidupan.
Semoga setiap nama dan peristiwa dalam blog ini menyapa hidup pembaca. Kata yang baik memiliki kuasa untuk menyapa.

Mutiara Andalas, S.J.


Sunday, June 29, 2008

Kerjakan Bagianmu

Kemarin saya jalan-jalan dari sore hingga larut malam. Saat mulai jalan saya melihat tempat perhentian bus sangat bersih. Saat malam saya sangat terkejut mendapati tempat perhentian bus sudah berubah seperti tempat sampah. Saya melihat ceceran makanan dan minuman. Sudut-sudut perhentian bus berubah menjadi kamar kecil darurat. Saya melihat orang-orang yang menunggu bus seenaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kotak sampah tersedia tak jauh dari tempat perhentian bus.
Saya juga melihat gerombolan manusia di sudut-sudut gang gelap yang membuat bulu kuduk berdiri. Kebanyakan tindak kriminal terjadi di tempat dan waktu gelap.
"Kegelapan dapat mengubah keindahan menjadi kekumuhan, rasa aman menjadi rasa takut."
Di salah satu tempat duduk terdapat pesan kebersihan dari pemerintah kota.
"Jagalah Kebersihan and Keamanan Kota (Keep the City Clean and Safe) "
Di bawahnya tertera pesan bagi semua warga kota.
"Kerjakan Bagianmu (Do Your Part)
Warga yang terlibat dalam kebersihan dan keamanan kota cenderung menurun di waktu malam.

No comments: