Kuasa Kata: Menyapa

Saya pada awalnya mendesain blog ini sebagai gudang penyimpanan tulisan. Saya kemudian mengalihkan fungsinya sebagai ruang kemanusiaan. Layaknya seorang photografer, saya membingkai berbagai kehidupan manusia dalam beragam frame. Blog ini menawarkan senyuman, tetapi sekaligus air mata kehidupan.
Semoga setiap nama dan peristiwa dalam blog ini menyapa hidup pembaca. Kata yang baik memiliki kuasa untuk menyapa.

Mutiara Andalas, S.J.


Wednesday, August 27, 2008

Teolog Kemanusiaan Gustavo Gutierrez

Teologi pembebasan adalah sebuah jalan untuk memahami rahmat dan keselamatan Yesus dalam konteks masa sekarang dan dari situasi rakyat miskin. Usaha dari sebagian anggota dan pemimpin Gereja untuk mengabaikan kemiskinan dan menaruh perhatian kepada perkara-perkara lain menemui kegagalan. Rakyat miskin muncul ke panggung sosial dengan kemiskinan di pundak mereka. Mereka yang selama ini ditepikan, bahkan dihilangkan dari sejarah oleh rezim otoriter dan represif, maupun kekuasaan asing menghadirkan diri sebagai subjek sejarah (the presence of the absent). Rakyat miskin menegaskan martabat mereka sebagai manusia dan sebagai putera-puteri Allah. Gerakan rakyat miskin untuk pembebasan menjadi jalan mereka mengikuti Yesus Kristus Sang Pembebas

Gustavo Gutierrez, ‘ The Task and Content of Liberation Theology’ dalam Christopher Rowland. Ed., The Cambridge Companion to Liberation Theology (Cambridge: Cambridge University Press, 1999), 19 – 38.



No comments: