Kuasa Kata: Menyapa

Saya pada awalnya mendesain blog ini sebagai gudang penyimpanan tulisan. Saya kemudian mengalihkan fungsinya sebagai ruang kemanusiaan. Layaknya seorang photografer, saya membingkai berbagai kehidupan manusia dalam beragam frame. Blog ini menawarkan senyuman, tetapi sekaligus air mata kehidupan.
Semoga setiap nama dan peristiwa dalam blog ini menyapa hidup pembaca. Kata yang baik memiliki kuasa untuk menyapa.

Mutiara Andalas, S.J.


Tuesday, June 9, 2009

Telinga Kiri


Telinga Kiri

Sebuah surat bersampul merah muda tergeletak di meja. Andi segera mengenali pemilik tulisan tangan undangan dari bahan kertas ramah ekologi (re-cycled). Tercantum nama Andrea dengan foto berdasi abu-abu.

“Jika Bapak berkenan, saya mengundang Bapak untuk menghadiri perayaan keberhasilan studi.”

Andrea selalu masuk kelas mendahului yang lain. Ia selalu ambil tempat duduk di barisan terdepan di sisi dalam sebelah kanan. Selama pelajaran, Andi dapat mendengar gesekan pensil Andrea di buku catatannya. Pada akhir pelajaran hari pertama sekolah, Andrea datang ke kantor guru.

“Apakah meminta Bapak untuk selalu mengajar seperti posisi tadi di kelas terlalu berlebihan?”

Sambil menyingkirkan buku pelajaran di mejanya, Andi menanggapi permintaan unik Andrea sambil berusaha menahan senyum. “Sama sekali tidak.”

Andrea murid dengan beragam prestasi. Beberapa minggu lalu stasiun swasta nasional datang ke sekolah untuk meliput aktivitasnya.

Perayaan keberhasilan studi berpuncak dengan dengan wawancara ekslusif Andrea dengan televisi. Andrea mengambil tempat duduk di sisi kanan gurunya saat lampu ruangan meredup.

“Segala prestasi tercapai dengan dukungan banyak pribadi yang memahami kebutuhan Andrea. Selama tiga tahun Pak Andi mengajar di sebelah kiri karena pendengaran telinga kanan Andrea sangat lemah.”

No comments: